Team Dosen Hortikultura Polinela Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat

Team dosen hortikultura melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Sidokaton, Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus. Tema dari kegiatan ini adalah “Penyuluhan Pengenalan Konsep Pengendalian Hama Terpadu (PHT) pada Tanaman Hortikultura di Pekon Sidokaton”. Kegiatan ini dihadiri oleh Kelompok Tani Tanggamus Handayani, Kelompok Tani Tri Madyo Utomo, Kepala Pekon Sidokaton dan aparatur Pekon Sidokaton, serta mahasiswa team dosen PS Hortikultura.

Foto bersama team dosen PS Hortikultura dengan Kepala Pekon Sidokaton beserta Aparatur Pekon Sidokaton

Masyarakat Sidokaton mayoritas bekerja sebagai petani. Komoditas Hortikultura merupakan komoditas yang banyak dibudidayakan di desa ini seperti buah dan sayuran. Letak wilayah yang terletak di sekitar perbukitan atau dataran tinggi sangat mendukung pertumbuhan komoditas dataran tinggi seperti buah dan sayur. Sejauh ini, potensi sumber daya alam telah dikelola dengan baik oleh masyarakat. Anggota masyarakat yang mayoritas bekerja sebagai petani ini juga telah berupaya dengan baik untuk meningkatkan produksi hasil pertanian yang ada di pekon sidokaton. Namun, permasalahan teknis budidaya juga menjadi kendala bagi petani sehingga menurunkan pendapatan petani. Dari segi teknis budidaya anggota kelompok tani umumnya memiliki masalah utama pada organisme pengganggu tanaman. Selama ini, pengendalian yang dilakukan hanya menggunakan bahan kimia sintetis, sehingga gangguan organisme pengganggu tanaman belum dikendalikan secara maksimal. Oleh karena itu diperlukan pendampingan berupa penyuluhan dari akademisi sebagai salah satu forum diskusi masyarakat mengenai permasalahan dalam budidaya pertanian di Pekon Sidokaton.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman petani mengenai pentingnya Pengelolan Hama Terpadu dan perbaikan kegiatan budidaya tanaman Hortikultura di Pekon Sidokaton yang lebih baik.

Sambutan Kepala Pekon Sidokaton, Bapak Indriyo Basuki

Sambutan perwakilan Dosen Horikultura, Mustika Adzania L., S.P., M.Si.

Pemaparan materi oleh dosen hortikultura, Desty Aulia Putrantri, S.P., M.P.

Pemberian bibit tanaman untuk peserta sosialisasi