Field Trip Mahasiswa PS Hortikultura Semester 4

Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan pesat teknologi, maka pengetahuan dan keterampilan mahasiswa harus dipersiapkan agar lebih relevan dengan kebutuhan perkembangan zaman. Pengetahuan dan keterampilan tersebut menjadi indikator yang harus dicapai bagi setiap mahasiwa. Untuk mencapai indikator tersebut, tidak cukup hanya dengan melakukan pembelajaran di dalam kampus saja, melainkan diperlukan suatu kegiatan atau aktifitas di luar kampus guna pencapaian pembelajaran link and match dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan kunjungan lapang atau field trip.

Kunjungan ke Balai Benih Induk Pekalongan, Lampung Timur

Field trip adalah studi lapangan yang dilakukan oleh mahasiswa untuk melakukan kegiatan belajar yang dilaksanakan di luar lembaga pendidikan. Artinya field trip ini merupakan kunjungan wisata atau kunjungan yang dapat menunjang pengetahuan peserta didik melalui pembelajaran di luar kampus dengan mendatangi beberapa destinasi yang telah ditentukan yang diharapkan mampu menunjang kemampuan mahasiswa dalam menerima materi.

Belajar bersama narasumber dari Balai Benih Induk

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk merangsang minat keilmuan mahasiswa, memberikan pengertian lebih jelas terhadap pokok masalah, mendorong mahasiswa untuk mengenal lingkungan lebih baik, memberikan pengalaman nyata, meningkatkan kreativitas dan kemampuan penerapan keilmuan yang mahasiswa tekuni.  Tujuan khusus kegiatan ini adalah mahasiswa mampu berfikir kreatif, memiliki pengalaman baru, dapat melihat dan mengetahui permasalahan secara langsung, serta mengasah kemampuan teknis untuk mahasiswa Program Studi Hortikultura.

Foto bersama Gubernur Propinsi Lampung, Bapak Ir. H. Arinal Djunaidi yang sedang kunjungan ke Balai Benih Induk (BBI)