PKM Dosen PS Hortikultura, Pemanfaatan Kulit Pisang Menjadi POC di Desa Suak, Lampung Selatan

Politeknik Negeri Lampung melalui Jurusan Budidaya Tanaman Pangan melakukan pengabdian kepada masyarakat yang berlokasikan di Desa Suak, Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan pada hari Kamis, 3 Agustus 2023. Kegiatan ini dilakukan kepada masyarakat yang merupakan anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Tepian Suak. Kegiatan ini diketuai oleh Ir. Yusanto, M.Si.  yang beranggotakan dosen Prodi Hortikultura (Dr. Desi Maulida, S.P., M.Si., Rianida Taisa, S.P. M.Si., Desty Aulia Putrantri, S.P., M.P., Reza Zulfahmi, S.P., M.Si., dan Rahmadyah Hamiranti, S.P., M.Si.) serta mahasiswa Prodi Hortikultura (Rendia Kurnia Nugraha).

Dalam pelaksanaannya, dilakukan sosialisasi dan pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dengan memanfaatkan limbah kulit pisang. Menurut Ir. Yusanto, M.Si. selaku ketua tim  mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melatih masyarakat dalam mengolah kulit pisang menjadi pupuk organik cair yang dapat diaplikasikan pada tanaman buah/sayuran. Pada dasarnya, Desa Suak merupakan desa yang memproduksi buah pisang yang cukup besar. Tidak hanya itu, masyarakat yang menjadi anggota KWT Tepian Suak,  juga melakukan pengolahan produk olahan pisang. Sebagai salah salah KWT yang baru berkembang, pengetahuan dan pengalaman anggota kelompok dalam pemanfaatan kuit pisang masih terbatas sehingga keberadaan kulit pisang masih menjadi limbah yang belum sepenuhnya dimanfaatkan secara ekonomis. Pada sisi yang lain, keberadaan kulit pisang dapat menjadi potensi yang bernilai ekonomis terutama dalam menyokong pengembangan produksi tanaman yang dilakukan oleh masyarakat terutama oleh anggota kelompok. Keterbatasan pengetahuan menjadi kendala dalam pemanfaatan kulit pisang sebagai pupuk organik cair.

Pengabdian Masyarakat ini dilakukan melalui alih teknologi dan transfer IPTEKS tentang metode penerapan pemanfaatan limbah kulit pisang sebagai pupuk organik cair pada tanaman Pisang/sayuran. Pelaksanaannya dilakukan dalam bentuk demplot dan penerapan teknologi pemanfaatan limbah kulit pisang dan aplikasi POC pada tanaman Pisang/sayuran di kelompok wanita tani di Desa Suak, Kecamatan Sidomulyo Kebupaten Lampung Selatan khususnya anggota Kelompok Wanita Tani Tepian Suak. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi limbah kulit pisang, meningkatkan kesejahteraan petani dan mengurangi penggunaan pupuk anorganik sehingga menghasilkan produk tanaman pangan yang lebih sehat dan bebas residu kimia.